Featured

not fond

Sabtu, 07 Maret 2009

Liga Indonesia

Liga Indonesia adalah kompetisi sepak bola antar klub di Indonesia. Liga Indonesia diselenggarakan oleh Badan Liga Indonesia (BLI) dan Badan Liga Amatir (BLA) yang berada di bawah PSSI.

Liga Indonesia dibagi menjadi empat tingkat:

* Divisi Utama
* Divisi Satu
* Divisi Dua
* Divisi Tiga

Kompetisi Divisi Utama dan Divisi Satu merupakan kompetisi non-amatir yang dikelola oleh BLI. Sedangkan kompetisi Divisi Dua, Divisi Tiga, dan seterusnya, termasuk liga remaja, adalah kompetisi amatir yang dikelola oleh BLA.

Sejak tahun 2008, seiring dimulainya penyelenggaraan Liga Super, Divisi Utama tidak lagi menjadi kompetisi sepak bola tingkat teratas.

Sejarah

Hingga tahun 1979, kompetisi sepak bola nasional di Indonesia diselenggarakan secara amatir, dan lebih dikenal dengan istilah Perserikatan.

Pada tahun 1979/80 diperkenalkan kompetisi Galatama (Liga Sepak Bola Utama). Meski demikian, baik Perserikatan maupun Galatama tetap berjalan sendiri-sendiri. Galatama merupakan kompetisi sepak bola semi-profesional yang terdiri dari sebuah divisi tunggal (kecuali pada musim tahun 1983 dan 1990 terdiri dari 2 divisi).

Pada tahun 1994, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia menggabungkan Perserikatan dan Galatama dan membentuk Liga Indonesia. Memadukan fanatisme yang ada di Perserikatan dan profesionalisme yang dimiliki Galatama. Dengan tujuan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

Pada tahun 2008, PSSI menyelenggarakan Liga Super Indonesia sebagai liga sepak bola profesional pertama di Indonesia, menggantikan Liga Indonesia sebagai kompetisi tingkat teratas di Indonesia.
(id.wikipedia.org)

0 komentar:

Posting Komentar

 

info menarik sepak bola Design by Insight © 2009