Featured

not fond

Senin, 09 Maret 2009

Calciopoli kubu Juventus

Seperti peribahasa "habis jatuh tertimpa tangga", bukan hanya mendapat sanksi berupa pengurungan angka dan diturunkan kastanya ke serie-B. Juventus disinyalir kehilangan sejumlah besar Fans-nya diseluruh dunia, akibat kasus pengaturan wasit tiga tahun lalu. Sebuah lembaga survei internasional Stage Up/Ipsos dan hasilnya diterbitkan oleh Guerin Sportivo menyebutkan Juventus kehilangan sekitar 1 juta Fans akibat kasus tersebut.Entah bagaimana mereka menarik sampel dan menghitung besarnya kehilangan Fans Juventus tersebut, yang menarik bahwa Juventus tetap menempati peringkat pertama, tim yang mempunyai Fans paling banyak dibanding dua tim Italia lainnya Milan dan Inter Milan.

Sebelum kasus tersebut Juventus diklaim memiliki sekitar 7 juta Fans diseluruh dunia, dengan penurunan sekitar 1 Juta orang maka Juventus saat ini mempunyai 6 juta Fans, jauh dibawahnya ada Milan dan Inter Milan yang diklaim mempunyai Fans 4 Juta-an orang.Juventus diperkirakan kehilangan Fans sekitar periode 2006-2007 ketika mereka mendapat hukuman degradasi, sebagian Fans Juventus menjadi tidak aktif mendukung Juve ketika si Nyonya besar berlaga di Serie-B, Sebagian lagi mendukung tim yang lain alias menyebrang mendukung 2 tim besar lainnya yang masih berlaga di serie A semuanya diperkirakan 1,5 juta orang Fans.

Peningkatan jumlah Fans signifikan dialami oleh AC Milan, terhitung perioder 2006-2007 mendapat kenaikan jumlah Fans menjadi 4,8 Juta Fans atau sekitar 33 persen, disusul oleh Inter Milan sebesar 14 persen. Apakah Fans yang bertambah itu Juventini yang menyebrang menjadi pendukung 2 Milano?, tidak ada yang berani memastikan hal tersebut.Bagaimana dengan Fans Juventus Indonesia, apakah ada yang menyebrang menjadi pendukung Milan dan Inter Milan ? Seharusnya di Indonesia ada survei juga mengenai jumlah tifosi klub-klub diatas, atau bisa juga pendukung klub-klub lainnya seperti Lazio, Fiorentina dan Roma.  
(beberapa.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

info menarik sepak bola Design by Insight © 2009